Profile

Join date: Nov 14, 2022

About

Tempat Rekreasi di Toraja Paling Terkenal


Sulawesi memang mempunyai lumayan banyak tempat rekreasi terkenal dengan panorama alam hebat. Dari keelokan bawah lautnya seperti Taman Laut Bunaken, sampai perkotaan seperti Makassar dapat kamu dapatkan. Tetapi tahukah kamu disamping itu, Sulawesi mempunyai tujuan rekreasi yang tidak kalah menarik yakni Tana Toraja. Di sini kamu dapat menyaksikan kekhasan sampai kecantikan yang tidak dapat dibanding dari tempat wisata yang lain di Indonesia. Nach, Buat kamu yang ingin bertandang ke Toraja berikut sejumlah referensi dari kami terkait dengan Objek Wisata di Toraja.


Museum Ne'Gandeng

Buat kamu yang menyukai dengan rekreasi riwayat dapat bertandang ke Museum Ne'Gandeng. Berada di Dusun Palangi, Kecamanatan Sa'dan Balusu, Toraja, museum ini masih dirawat oleh warga di tempat di bawah lindungan Yayasan Keluarga Besar Ne'Gandeng. Nama Ne'Gandeng sendiri diambil dari nama nenek moyang di Tana Toraja yang sudah meninggal dunia pada 3 Agustus 1994.


Dibangunnya Museum Ne'Gandeng sendiri sebagai usaha untuk kenang kembali budi luhurnya sepanjang hidup. Seperti dahulu dia pernah menyarankan supaya listrik dapat masuk dusun dengan ongkos hasil jual kerbau. Saat bertandang kesini kamu akan menyaksikan pemondokan berwujud rumah tradisi Toraja. Tempat itu memang disiapkan untuk beberapa pengunjung yang tiba untuk berziarah ke pusara Ne'Ganden. Disamping itu, ruang di Museum Ne'Gandeng kerap dipakai sebagai tempat acara penyemayaman untuk bagian keluarga.


Pallawa

Bertandang ke Tana Toraja kamu harus juga menyaksikan Tongkonan yang disebut rumah tradisi tradisionil di situ. Tongkongan sendiri mempunyai fungsi-fungsi, seperti pusat administrator, pusat budaya, pusat pembimbingan keluarga, pembimbingan ketentuan keluarga dan kegotoroyongan dan ada banyak kembali. Salah satunya lokasi yang dapat kamu datangi untuk menyaksikan Tongkongan di Toraja ialah Pallawa.


Saat ini, tempat ini jadi sebuah salah satunya tempat paling monumental di Toraja. Menariknya, selainnya menyaksikan keelokan arsitektur Tongkongan di situ , kamu juga dapat menyaksikan pembikinan tenun tradisionil komplet dengan hasil kainnya yang asli. Untuk sampai ke Pallawa kamu dapat mencapainya dari Ibu Kota Toraja Utara dengan lama perjalanan sekitaran 30 menit.


Batutumonga

Keelokan Toraja bisa juga kamu eksplor dengan berkunjung Batutumonga. Kontur teritori Toraja yang terhitung daratan tinggi bahkan juga menjadikan sebagai tempat paling indah di kabupaten itu. Bertandang kesini kamu akan dihidangkan dengan panorama alam sepanjang perjalanan. Ada dua peristiwa terbaik untuk menyaksikan keelokan panorama di Batutumonga. Pertama ialah saat sunrise yakni di mana kamu dapat menyaksikan matahari keluar yang menerangi hijaunya bentangan sawah dan bukit-bukit di situ. Dan, saat malam hari, kamu dapat menyaksikan keelokan sinar lampu dari kota Rantepao.


Kete Kesu

Di Toraja, kamu harus juga bertandang ke salah satunya dusun adatnya yakni Kete Kusu. Buat kamu yang ingin bertandang kesini perlu bayar ticket masuk sejumlah Rp 10.000 per-orangnya. Karena masih berbentuk dusun tradisi, di Kete Kusu kamu juga dapat menyaksikan beberapa rumah tradisionil asli Toraja yakni Tongkonan. Rumah itu masih tradisonal karena dibuat dengan beberapa benda seperti sabu sampai bambu untuk mendirikannya. Pada bagian depan kamu dapat menyaksikan beberapa sundul kerbau yang diawetkan dan teratur rapi. Sundul kerbau itu sebagai lambang dari kemakmuran pemilik rumah yang tinggal di situ. Karena kehidupan pada tempat itu masih tradisionil kamu akan mendapati lumbung-lumbung padi.


Air Terjun Talondo Tallu

Berada di Desa Buttu Pali, Lembang Balipe, Kebupaten Tana Toraja, Air terjun Talondo Tallu cuma memiliki jarak sekitaran 30 km dari kota Makale. Kekhasan dari Air Terjun Talondo Tallu sendiri berada dari pancuran air bercabang tiga yang selanjutnya ke arah pada satu kolam yang paling jernih. Tiga pancuran air itu berasal dari 2 anak sungai yakni, Sungai Rabung dan Sungai Pekalian. Di sini pelancong dapat lakukan beragam aktivitas menarik, dimulai dari santai di tepi air terjun sampai berenang di kolamnya, Seperti di Objek Wisata Wonogiri.


Rekreasi Ollon

Bukit-bukit yang berundak-undak bisa juga kamu dapatkan di Toraja yakni persisnya rekreasi Ollon. Tempat rekreasi di Toraja ini sebuah lembah hijau dan bukit-bukit yang berjajar hingga jadi sebuah panorama yang paling fantastis. Lembah hijau ini cuma memiliki jarak sekitaran 40 km dari Kota Makale. Keelokan rekreasi Ollon juga makin terkenal sesudah banyak pelancong yang mempublikasikan keelokannya di sosial media. Dengan konturnya yang berliku-liku rekreasi Ollon banyak memiliki bukit dan padang rumput hijau. Disamping itu, di rekreasi Ollon ada beberapa peternakan kuda. Kuda-kuda itu juga dilepaskan di padang rumput sekitaran sana. Di sini tidak ada sarana kekinian, bahkan juga untuk makan dan minum kamu harus bawa bekal sendiri dari kota.


Londa

Satu kembali yang sangat menarik buat kamu datangi di Toraja ialah Londa. Tempat itu sebuah pusara yang ada di tebing batu Toraja. Londa sendiri dapat dijangkau dari Rantepao yang memiliki jarak sekitaran 7 km. Di situ kamu akan menyaksikan banyak goa dan lubang dalam tebing yang diukir untuk tempat peti mati. Penempatan dari peti mati itu pun tidak bisa asal-asalan, tetapi harus dilaksanakan berdasar ketentuan tradisi sesuai garis turunan mereka.

YeomanStephanie

More actions